Manajemen Periklanan AB (Haryadi Arief NR, S.IP., M.Sc.)

PROFIL%20MYKLASS%20FIX.jpg

Dosen Pengampu: Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc.

Assalamu'alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh

Senang berjmpa dengan Anda kembali dalam dalam perkuliahan di Semester Genap 2020-2021. Meskipun kita masih adal dalam situasi pandemi covid 19, saya berharapa kita semua akan selalu ada dalam lingdungan Allah SWT, senantiasa sehat dan terhidnar dari paparan virus covid 19. Pada semester ini kita ketemu dalam mata kuliah Manajemen Periklanan. 

Mata kuliah manajemen periklanan merupakan mata kuliah yang disedikan untuk mahasiswa yang mengambil peminatan advertising  atau periklanan. Di dalam mata kuliah ini kita akan mempelajari mengenai sistem periklanan atau sistem yang terbentuk dan berjalan pada proses pembuatan iklan sebagai alat promosi. Di dalam sistem periklanan tersebut akan muncul beberapa institusi yang terlibat dan saling terkait dalam proses pembuatan dan penggunaan iklan sebagai alat promosi. Masing-masing institusi memiliki peran yang berbeda-beda dalam proses periklana yang berlangsung. Lazimnya sebuah sistem maka sistem periklanan terbentuk untuk menjalankan suatu fungsi tertentu yang dalam hal ini adalah fungsi promosi. Meskipun demikian, dibalik fugnsi utamanya tersebut sistem periklanan pada gilirannya juga akan menghasilkan dampat-dampak diluar konteks promosi yang seringkali mengundang banyak kontroversi di tentagh-tengah masyarakat. Sistem priklanan dengan seluruh institusi yang menjadi sub sistem di dalamnya (dengan begitu) memiliki tanggungjawab untuk memaksimalkan fungsi promosi yang dijalankannya dengan meminimalkan dampa-dampak diluar konteks promosi sepertihalnya dampak sosiologis, edukasi, dll. 

Selama satu semester ke depan kita akan mempelajari bagaimana sistem periklanan tersebut terbentuk? Siapak sajakah lembaga-lembaga yang menjadi sub sistem dalam sitem periklanan? Bagaimana fungsi masing-masing lembaga dalam sistem periklanan? Bagaimana sistem periklanan berjalan dalam level mikro?

Semoga Anda menikmati proses perkuliahan selama satu semester ke depan sebagaimana Anda yakin atas pilihan Anda pada peminatan periklanan yang Anda ambil.