Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif Kelas D,E dan F (Dr. Tri Hastuti Nur Rochima, S.Sos., M.Si)

117-1176693_free-download-of-bismillah-icon-clipart-image-bismillah.png

Screen%20Shot%202020-08-15%20at%2009.43.39.png

Assalamu'alaikum Wr.Wb.

Puji syukur kita panjatkan ke hadlirat Allah SWT, dalam kondisi pandemic Covid-19, kita terus bersama-sama dapat  belajar, menuntut ilmu. Perkenalkan saya Dr. Tri Hastuti Nur R, M.Si, koordinator pengampu mata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah team teaching; dan saya akan mengampu bersama dengan Haryadi Arief Nuur R, M.Sc; dengan membagi materi yang akan kami ajarkan bersama.

Secara singkat yang akan dipelcjari dalam mata kuliah MPK Kuantitatif ini adalah pemahaman tentang dasar-dasar penelitan, langkah-langkah penelitian, variabel, definisi konseptual dan operaslional, teknik sampling, kuesioner dan coding sheet, teknik analisis data, metode penelitian yang terdiri dari metode survai, analisis isi kuantitatif dan analisis isi dengen menggunakan teori Niche.

Hubungan antara Matakuliah dan Kompetensi

Kemampuan melakukan analisis terhadap berbagai persoalan komunikasi secara ilmiah dengan penggunaan metodologi yang tepat dan berpikir sistematis merupakan salah satu kompetensi yang sangat penting sebagai sarjana ilmu komunikasi.

Capaian Pembelajaran

  1. Mampu belajar secara mandiri dalam menyelesaikan permasalahan yang dihadapi (creatif and inovatif)
  2. Mampu menilai potensi dan keterbatasan diri serta mengembangkan potensi yang dimiliki dan mengatasi keterbatasan yang dimiliki (competence).
  3. Memiliki kemampuan dalam memimpin orang lain (leadership).
  4. Mampu bekerjasama dalam tim (teamwork).
  5. Bertanggungjawab (responsible).
  6. Mampu menganalisa suatu masalah dan memberikan penilaiannyaterhadap masalah tersebut.
  7. Mampu mengekspresikan pikiran dan pendapat secara lisan maupun tertulis dengan baik(comunication).
  8. Mampu beradaptasi terhadap perubahan lingkungan
  9. Mampu mengelola tim

Kompetensi Pembelajaran

Hard Skill

  1. Mahasiswa mampu menjabarkan ruang lingkup  dan konsep dasar metode penelitian kuantitatif  
  2. Mahasiswa memiliki kemampuan menjelaskan perbedaan penelitian kuantitatif dan kualitatif, jenis penelitian dan metode-metode penelitian kuantitatif
  3. Mahasiswa mampu menjelaskan tentang jenis data dan pengumpulan data dalam penelitian kuantitatif. 
  4. Mahasiswa dapat menjelaskan tentang variabel dan hipotesis penelitian 
  5. Mahasiswa mampu menjelaskan langkah-langkah dalam penelitian komunikasi kuantitatif
  6. Mahasiswa mampu merumuskan penelitian komunikasi kuantitatif dengan baik  
  7. Mahasiswa mampu menggunakan metode penelitian survei untuk melakukan penelitian persoalan-persoalan komunikasi 
  8. Mahasiswa mampu menggunakan metode analisis isi kuantitatif dalam penelitian
  9. Mahasiswa mampu menggunakan metode analisis isi dengan teori niche dalam penelitian 
  10. Mahasiswa mampu menganalisis hasil penelitian kuantitatif dengan menggunakan teori yang tepat 
  11. Mahasiswa mampu melakukan penyajian data dengan berbagai bentuk.
  12. Mahasiswa mampu menyusun proposal penelitian kuantitatif dengan metode yang benar

Soft Skill

  1. Kemampuan  belajar sepanjang hayat.
  2. Keberanian memulai usaha.
  3. Kemampuan sbg fasilitator, motivator & mediator secara sistematik & efektif.
  4. Kemampuan menjalin kerjasama  secara efektif.
  5. Kemampuan membentuk sikap egaliter dan rasa percaya diri yang kuat.
  6. Kemampuan untuk menjadi individu yang beretika dan berintegritas.
  7. Kemampuan melakukan analisis 
  8. Kemampuan managerial
  9. Kemampuan leadership

Grade Penilaian

Grade%20Nilai.png

Elemen Penilaian

Elemen penilaian terdiri dari quiz, penugasan dan diskusi forum. Kehadiran dan keaktifan di kelas akan menjadi pertimbangan penilaian akhir.

Refernces

  • Neuman, W. Laurence D. 1997. Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches. Boston: Allyn & Bacon, chapter 7 dan 10
  • Silalahi, Ulber, (2012) Metode Penelitian Sosial, Refika Aditama, 2012
  • Baxter, Leslie and Babbie, Earl. (2004), The Basic of Communication Research, Thomson Wadsworth, United States
  • Mulyana, Deddy, Metode Penelitian Komunikasi, Rosdakarya, 2007
  • Frey, Lawrence and Botan, Carl, Investigating Communication : An Introduction Research Methods, Prentice Hall, 1991 chapter 1 dan 1
  • Sasa Djuarsa Sendjaja, Penelitian Ekologi Media, Jurnal Komunikasi Audentia, Vol 1, 1993.
  • Singarimbun, Masri dan Effendi, Sofian (ed), Metode Penelitian Survai, LP3ES, Jakarta, 1995
  • Burhan, Bungin, Metodologi Penellitian Kuantitatif, Prenada Media Jakarta, 2005
  • Eriyanto, (2011). Analisis Isi, Pengantar Metodologi untuk Penelitian Komunikasi, Kencana Prenada Media Group, Jakarta, 2011
  • Eriyanto. (2007),Teknik Sampling Analisis Opini Publik, LKiS Yogyakarta
  • Riffe, Daniel dan Lacy, Stephen, Analyzing Media Messages, Using Quantitative Content Analysis in Research,Lawrence Publisher, London, 1998