Retorika A,B,C,D,E,F,G (Sovia Sitta Sari, S.IP., M.Si.)
Pemahaman aspek teoritis dan teknis tentang pentingnya memiliki kemampuan berbicara di depan umum sangat ditekankan pada mata kuliah ini. Guna mendukung tujuan tersebut pada proses pembelajaran diadakan tugas paper, diskusi, praktek pidato (retorika) dan penguasaan etika sebagai bahan penilaian terhadap ketrampilan mahasiswa dalam penguasaan retorika. Perkuliahan tidak hanya dilakukan didalam kelas saja, melainkan dikombinasikan dengan praktik di lapangan (di luar kelas). Pada beberapa materi dibutuhkan metode pengajaran dengan melalui pemutaran video.
4. Outcome Pembelajaran
Mahasiswa mampu memiliki kemampuan secara teoritis dan praktis, serta memiliki kemampuan:
1. Mahasiswa mampu mengatasi kecemasan dalam berpidato.
2. Mahasiswa mampu memahami proses pembuatan pidato (speech).
3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisa audiens.
4. Mahasiswa mampu memahami tugas dan kompetensi yang dimiliki seorang Public Speaker / orator.
5. Mahasiswa mampu mengemas pidato yang menarik.
6. Mahasiswa mampu melakukan pidato sesuai dengan jenis-jenis pidato.
7. Mahasiswa mampu membuat naskah pidato.
5. Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Pertemuan Waktu Kegiatan Materi Perkuliahan Referensi
1 30 min : silabus
30 min : Video
30 min : materi 1. Pengenalan silabus beserta cara penilaian, dan pengenalan terhadap retorika
2. Definisi retorika
3. Pentingnya memahami jenis-jenis retorika
2 Materi & praktek Mengatasi kecemasan
3 Latihan Oral Skill
4 Klasikal
Diskusi Persiapan pidato :
pengembangan; pengumpulan
data untuk pidato dalam
berbagai jenis.
5+6
Penyajian pidato (praktek) –
UK 1 (30%)
7 Evaluasi & Retorika
8+9 Materi;
Praktek
Protokoler
UK2 (20%)
10, 11 + 12 Praktek Latihan retorika pada
special occasion & evaluasi
13 + 14 Pengumpulan makalah &Tanya Jawab Membuat naskah pidato
15 Tanya jawab Review naskah pidato kelompok
16 Pidato di luar UMY
UK 3 - (50%)
6.Penilaian pembelajaran
a. Penilaian:
Ujian Akhir Semester (UK 1): 30 %
Ujian Tengah Semester (UK 2): 20 %
Presentasi lapangan (UK 3): 50 %
Referensi
o Atar Semi. (1992 ) Terampil Berpidato, edition baru, Bandung : Penerbit Titian Ilmu.
o G. Sukadi. (1993), Public Speaking Bagi Pemula, Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
o Beebe, Steven & Susan (2005), Public Speaking Handbook, USA : Pearson Education , Inc.
o Saputra, Wahidin, Public Relations 2.0, (2011), Gramata Publishing, Jakarta
o Ardianto, Elavinaro, Public Relations Praktis, (2008), Widya Padjajaran, Bandung
o Suhandang, Kustadi, Public Relations Perusahaan Kajian Program Implementasi, (2004), Nuansa Cendekia, Bandung
4. Outcome Pembelajaran
Mahasiswa mampu memiliki kemampuan secara teoritis dan praktis, serta memiliki kemampuan:
1. Mahasiswa mampu mengatasi kecemasan dalam berpidato.
2. Mahasiswa mampu memahami proses pembuatan pidato (speech).
3. Mahasiswa mampu mengidentifikasi dan menganalisa audiens.
4. Mahasiswa mampu memahami tugas dan kompetensi yang dimiliki seorang Public Speaker / orator.
5. Mahasiswa mampu mengemas pidato yang menarik.
6. Mahasiswa mampu melakukan pidato sesuai dengan jenis-jenis pidato.
7. Mahasiswa mampu membuat naskah pidato.
5. Rencana Pembelajaran Semester (RPS)
Pertemuan Waktu Kegiatan Materi Perkuliahan Referensi
1 30 min : silabus
30 min : Video
30 min : materi 1. Pengenalan silabus beserta cara penilaian, dan pengenalan terhadap retorika
2. Definisi retorika
3. Pentingnya memahami jenis-jenis retorika
2 Materi & praktek Mengatasi kecemasan
3 Latihan Oral Skill
4 Klasikal
Diskusi Persiapan pidato :
pengembangan; pengumpulan
data untuk pidato dalam
berbagai jenis.
5+6
Penyajian pidato (praktek) –
UK 1 (30%)
7 Evaluasi & Retorika
8+9 Materi;
Praktek
Protokoler
UK2 (20%)
10, 11 + 12 Praktek Latihan retorika pada
special occasion & evaluasi
13 + 14 Pengumpulan makalah &Tanya Jawab Membuat naskah pidato
15 Tanya jawab Review naskah pidato kelompok
16 Pidato di luar UMY
UK 3 - (50%)
6.Penilaian pembelajaran
a. Penilaian:
Ujian Akhir Semester (UK 1): 30 %
Ujian Tengah Semester (UK 2): 20 %
Presentasi lapangan (UK 3): 50 %
Referensi
o Atar Semi. (1992 ) Terampil Berpidato, edition baru, Bandung : Penerbit Titian Ilmu.
o G. Sukadi. (1993), Public Speaking Bagi Pemula, Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
o Beebe, Steven & Susan (2005), Public Speaking Handbook, USA : Pearson Education , Inc.
o Saputra, Wahidin, Public Relations 2.0, (2011), Gramata Publishing, Jakarta
o Ardianto, Elavinaro, Public Relations Praktis, (2008), Widya Padjajaran, Bandung
o Suhandang, Kustadi, Public Relations Perusahaan Kajian Program Implementasi, (2004), Nuansa Cendekia, Bandung
Pengajar: Sovia Sitta Sari, SIP, MSi