Disain Foto Iklan Kelas A (Tjandra S. Buwana)

 

Bismillahirrahmanirrahim

 

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh

 

Selamat bergabung di dalam Mata Kuliah Disain Foto Iklan pada Semester Gasal TA 2020/2021. Pada perkuliahan Disain Foto Iklan kali ini Anda akan bertemu dengan saya, Haryadi Arief Nuur Rasyid, S.IP., M.Sc. dan Tjandra Buwana, S.IP., MA sebagai tim dosen pengampu. Kami berharap Anda semua bisa mengikuti perkuliahan Disain Foto Iklan dengan baik dan penuh semangat. Kami  berharap Anda akan menikmati seluruh aktivitas perkuliahan yang akan kita lakukan secara daring (online). Temukan berbagai kemudahan serta pengalaman baru dalam memahami obyek Mata Kuliah Disain Foto Iklan melalui perkuliahan daring.

 

DESKRIPSI MATA KULIAH

Mata kuliah Disain Foto Iklan merupakan mata kuliah yang wajib ditempun oleh seluruh mahasiswa yang memilih peminatan Advertising (Periklanan) di Prodi Ilmu Komunikasi UMY. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah bermuatan praktikum yang akan mengajak mahasiswa untuk mempelajari bagaimana memproduksi foto untuk kebutuhan periklanan. Di dalam Mata Kuliah Disain Foto Iklan, mahasiswa akan mempelajari proses pemotretan yang direncananakan dan diperhitungkan secara detail. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan belajar tentang bagaimana mengembangkan konsep foto dari perspektif marketing atau pemasaran. Dalam perspektif ini, foto dipandang sebagai seni komersial yang diorientasikan untuk mempromosikan brand. Oleh karena itu mahasiswa akan belajar banyak tentang aktifitas pemotretan yang di disain dengan cermat. Pemotretan by design bermakna luas, tidak hanya mendesain aktivitas pemotretannya saja, akan tetapi juga bermakna sebagai mendesain obyek pemotretannya. Melalui mata kuliah ini mahasiswa akan diajak untuk masuk ke dalam pengalaman aktivitas pemotretan yang artificial. Sebuah seni pemotretan yang dibuat-buat untuk kebutuhan pemasaran. Sebuah seni pemotretan yang diarahkan untuk menghasilkan sebuah hyper reality yang tetap realistik dari perspektif  konsumen. Dengan begitu fokus pembelajaran dalam Mata Kuliah Disain Foto Iklan akan diarahkan pada pembelajaran tentang aktifitas pemotretan artificial di dalam studio yang memungkinkan adanya pengendalian penuh oleh fotografer.

 

HUBUNGAN MATA KULIAH DENGAN KOMPETENSI LULUSAN

Sebagai mata kuliah wajib bagi mahasiswa yang memilih peminatan periklanan (advertising), Mata Kuliah Disain Foto Iklan merupakan mata kuliah yang didesain untuk membuat Lulusan Prodi Ilmu Komunikasi dari peminatan periklanan memiliki kompetensi  sebagai berikut:

(1) Mampu merancang konsep foto iklan yang efektif untuk mempromosikan sebuah brand.

(2) Mampu mendisain obyek foto iklan dengan teliti dan realistis.

(3) Mampu merencanakan setting pemotretan yang efektif dan efisien untuk proses produksi sebuah foto iklan.

(4) Mampu melakukan produksi foto iklan yang efektif untuk mempromosikan sebuah brand.

 

OUTCOME MATA KULIAH

Outcome dari Mata Disain Foto Iklan adalah karya foto iklan yang bisa diapresiasi oleh pihak eksternal (lingkungan industri, masyarakat umum, lingkungan akademisi) dengan baik melalui event pameran secara online.

 

KETERCAPAIAN KOMPETENSI

Terdapat dua  ranah kompetensi yang akan dicapai di dalam Mata Muliah Disain Foto Iklan yang meliputi ranah kompetensi hard skill dan soft skill. Setelah selesai menempu Mata Kuliah Disain Foto Iklan maka mahasiswa akan memiliki kompetensi sebagai berikut:

(1) Mahasiswa mampu menjelaskan dengan baik tahapan-tahapan dalam teknik memproduksi foto iklan.

(2) Mahasiswa mampu mengembangkan konsep foto iklan dengan baik.

(3) Mahasiswa mampu membuat rencana pemotretan foto iklan dengan baik.

(4) Mahasiswa mampu melakukan pemotretan untuk memproduksi foto iklan yang baik.

(5) Mahasiswa mampu menginternalisasi sikap dan perilaku prefesionalisme dalam pembuatan foto iklan. 

PETUNJUK MEMPELAJARI BAHAN AJAR

Struktur pembelajaran akan mencakup beberap Topik. Pada setiap topik akan mencakup bagian pendahuluanpenyajian, dan penutup. Pada bagian pendahuluan akan dijelaskan mengenai gambaran umum materi pembelajaran yang akan dipelajari dan relevansinya dengan capaian kompetensi yang ditargetkan. Pada bagian penyajian mahasiswa dapat mengakses berbagai materi pembelajaran seperti diktat, file PPT, file PDF, Video, URL yang relevan dengan topik pembelajaran, dll. Pada bagian penutup setiap mahasiswa akan dilibatkan dalam proses evaluasi untuk mengukur keterserapan dan penguasaan materi pembelajaran yang disajikan melalui beberapa format aktivitas (quiz, diskusi, penugasan).